Jumat, 24 Agustus 2018

Mama, Main Mobil-Mobil, Truk-Truk Boleh?


Dulu, sebelum anak lahir gak pernah terpikir sama jenis mainan anak-anak zaman milenial sekarang ini. Gak pernah tahu kalo bermain sama anak tuh ada metode-metodenya. Pas anak lahir, masih bayi masih kalem, yaudalah ya kasih mainan mainstream aja.

Karena dulu waktu masih punya anak satu, waktu bermain social media masih banyaaaak, jadilah kan ya iseng scroll sana sini. Trus ketemu tuh hastag #montessoridirumah. Semangatlah ya gue mau ngajak main anak gue dengan metode Montessori itu.

Tapi, eng ing eng, apparatusnya ajegile harganya bok, mulai mundur teratur karena kasian dompet udah mau nangis. Terus nemu alternatif main ala Montessori dengan kearifan lokal, dimana gak harus pakai apparatusnya itu. Dimulai dari sensory play and messy play, gue ajak anak gue main beras sama makaroni, yang mana tujuannya melatih indra perabanya dsb dsb. Tujuannya tercapai? Ya nggaaa, cuma berapa menit trus tuh baki ditebalikin sama anak gue, masih berbesar hati, gak apa ini namanya messy play.

Trus anak gue udah makin gede, gue tetep kekeuh mau coba mainan edukasi lainnya. Sebagai seorang ibu semangat dong beli alat tempurnya selama masih masuk akal harganya. Atau alat dan bahannya masih bisa disiapin sendiri di rumah.

Seperti ini, menempel kapas di gambar domba. Ekspektasi, doi anteng main kapas sama lem. Realita, emaknya yg ngasih lem ke kapas, doi tinggal nempelin aja. Trus diajak untuk mewarnai kapas tersebut, lama-lama yg diwarnai gambar domba yang belum ada bulunya. Bertahan berjam-jam? Ngga, cuma 10 menit saja.

http://instagram.com/disstee


Lalu gue coba pakai pompom, alat main mainstream. Gue suruh dong pisahin pompom sesuai warna, oke bisa mungkin karena dasarnya anak gue udah kenal lumayan warna jadi berhasil deh misi gue. Lalu setelah itu? Yauda ditinggalin tuh pompom, kegampangan menurut dia.


http://instagram.com/disstee

Sejauh ini mainan ala-ala milenial yang lumayan dia suka itu yang berjenis nempel-nempel dot stiker. Banyak macam permainannya, tapi ya itu dasar anak gue mah ya gak bisa anteng main gituan, ujung-ujungnya dot stiker itu dia tempelin ke semua mobil-mobilan dia sampe tempat minum dia ditempelin.

Jadi, gimana Bu mainan favorit anaknya apa tuh? Mobil-mobilan, dari ukuran kecil sampai besar, dari segala macam jenis ada berbagai macam truk, sampai ke land rover ada. Dan satu lagi, lego-legoan atau blocks atau balok mainstream itu loh. Kalo udah itu yang dia mainin, dijamin anteng berjam-jam dengan hasil akhir rumah yang tidak berbentuk.

Kesimpulan gue, ya gak apa sih ngikutin tren, cuma ada mainan yang memang gak cocok sama tipe anak tertentu, jangan dipaksa demi konten atuh, gak apa cuma sekedar ngenalin kulitnya doang mah yang penting si anak bahagia.

Dengan ini gue nyatakan, lelah Bu kalo semua konten kita ikutin. Toh nyatanya anak kita beda sama anak mommygram yang kita liat (dan mau kita tiru). Salam #modyarhood :p



PS : Tiap abis main edukasi, anak gue akan menatap dengan senyumnya "Mama, au ain obil-obil, tuk-tuk, books, oleeh?"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar