Tampilkan postingan dengan label ibu. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label ibu. Tampilkan semua postingan

Sabtu, 05 September 2020

Teruntuk Ibu² Sesama Pejuang PJJ

 Haloooo....


Assalamualaikum Ibu² pejuang PJJ. Gimana, masih semangat? Atau udah mulai darting kalo istilah hitsnya mah ✌️


Alhamdulillah ya semoga masih tetap sabar dan semangat menghadapi PJJ. Karena, karena, karena memang sebenarnya sudah kodratnya seorang Ibu itu menjadi guru pertama anaknya.


“Al-ummu madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq.”

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik


Pasti sudah sering banget membaca ataupun mendengar kalimat tersebut. Ya kan ya kan. Tapi terkadang kita (termasuk aku mungkin) masih denial, kalo gitu buat apa guru disekolah? Bukankah tugas guru itu mengajar anak-anak supaya pintar?


<i>Ya benar sih, tapi gak gitu mainnya Buuuk.</i>


Selama pandemic ini, pendidikan yang diterapkan menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah daring -dalam jaringan. Mungkin aku baru 2 bulan ini menjadi orangtua yang mendampingi anak PJJ ya, mungkin Ibu lain udah dari awal pandemic ini, tapi posisi kita semua sama Bu, kodrat kita sama ada tidak adanya pandemic kita ini Ibu, madrasah pertama anak kita.


Dari anak kita lahir, kita banyak mengajari ini itu hingga dia bisa dan sampai di tahap sekolah usia dini, gak bisa kita lepas gitu aja. Gak ada pandemic pun kita tetap harus mengajari dan mengawasi anak kita. Mungkin kalo sekolah luring mereka diajari Guru, plusnya mereka bisa bersosialisasi dengan teman dan Guru. Tapi Bu, bukannya bersosialisasi dan bersekolah juga butuh adab? Butuh etika dan kebiasaan yg harus dimulai dari rumah sendiri. Itulah tugas Ibu. Masa untuk belajar adab, kebiasaan baik harus Ibu Guru juga yg mengenalkan ke anak kita? Mau jawab apa kita kalo ditanya Allah Subhanahuwata'ala nanti. Malu Bu 😐


Makanya yuk, dibawa santai aja masa-masa PJJ ini sambil terus berdoa semoga segera selesai pandemic ini. Anak-anak bisa kembali bersekolah sesuai fitrahnya lagi. Tapi, selama masa-masa ini belum lewat dan akan terus kita jalani, mari bergandengan tangan. Ojok dibawa stress Bu, anak kita lebih stress percaya deh, apalagi kalo Ibu marah-marah makin stress mereka.


Sekolah santai, ikuti mood mereka dan mood kita sendiri. Ambil hikmah, karena ini kita jadi lebih paham karakter anak kita tuh seperti apa sih? Bagian mana yang masih perlu di build up? Adab dan pembiasaan yg masih nyeleneh apa aja? Oh jadi gini ya anakku belajar di sekolah? Susah ya ternyata pelajarannya, jadi harusnya aku gak ngoyo ngepush dia karena memang ternyata susah dan anakku masih di tahap mempelajari belum memahami. Dan kalo aku ya, aku ambil hikmah bisa murojaah-an setiap pagi, rajin dzikir pagi dan hafal hadist loh aku sekarang karena anakku setiap hari setoran tugasnya seperti itu 😂


Semangat para pejuang PJJ. Kalo lagi lelah, break sejenak bilang ke suami sebagai support system terdekat, minta gantian kalo misal suami juga WFH. Teruntuk Ibu Pekerja, semoga diberi kemudahan dan kebesaran hati saat tidak bisa mendampingi anak PJJ ya. Kejtup 😘


Psss. 

Melipir piknik sejenak juga boleh loh. Cari tempat outdoor dan yang sepiiiiiii. Jangan lupa patuhi protokol kesehatan, masker jangan dilepas! 



Peluk Virtual ❤️

Senin, 28 Maret 2016

Being a Mom is......

Menjadi seorang Ibu itu susah-susah menyenangkan. Apalagi kalo anak pertama dan gak ada yang bantu ngurusin. Kebayang dong repotnya kayak apa. Tapi Ibu gak pernah ngeluh dan protes kan? Paling hanya ke suaminya dia curhat tingkah laku anaknya seharian yang bikin si Ibu lelah tapi juga senang.
Ribet ya? :))

Awal-awal Ghaisan lahir gue dirumah ditemani sama Tante yang rencananya mau nemenin gue di detik-detik kelahiran dan ternyata saat dia datang gue malah udah lahiran xD
Karena ditemani itu jadi ya lumayanlah gak panic attack gimana ngadepin anak bayi yang cuma bisa nangis, nangis dan nangis. Dikasih tau kalo nangisnya gini, itu tandanya laper ya tapi yang paling keciri itu ya emang kalo bayi laper sih awal-awal dulu. Trus dikasih tau pamali ini itu kalo lagi Nifas atau belum 40 hari. Ya banyak lah ilmunya xoxo

Pola tidur Ghaisan belum benar. 1,5 bulan kira-kira lamanya gue sama abang begadang eh gak begadang sih tapi bangun tengah malam, mimikin, trus gak langsung tidur tapi kudu digendong dulu. Jadi kalo dia bangun, pipis, mimik, pipis itu cuma butuh waktu kira-kira 15 menit, fase tidur laginya itu butuh waktu kira-kira 1,5 jam. Jadi karena jam tidur Ghaisan masih kacau ya jam tidur mamanya pun ikut kacau. Sampe diberlakukanlah shift -yang alhamdulillah waktu masih ditemenin tante gue bisa nyuci pakaian Ghaisan sore jadi abis magrib udah tenang- adzan isya gue kudu tidur gimanapun gak ngantuknya sampe kita-kira jam 11an. Saat gue tidur abang yang standby kalo Ghaisan minta gendong (kecuali mimik otomatis kudu bangunin gue juga). Sampe jam 11an barulah abang tidur dan kalo Ghaisan bangun minta gendong gue lah yang turun tangan. Cara kerja kita berdua gitu, karena esokny  abang harus kerja. Jadi kalo Ghaisan tengah malem ngamuk sebisa mungkin gue yang handle terpaksaaa banget baru bangunin abang. Ngantuk? Ya pasti lah! Tapi ngeliat anak butuh kita untuk mimik dan untuk tidur kembali ngantuk harus dilawan. 

Sampe umur 2 bulan Ghaisan baru menemukan pola tidurnya. Iya, jadi mulai dari situ tidur malam harus mati lampu biar dia tahu kalo malam, gelap, waktunya istirahat. Awal lahir juga gue sebenarnya memberlakukan itu tapi belum ngaruh banget karena matanya kan belum bisa lihat jelas juga. Umur 2 bulan gue praktekin lagi karena matanya udah mulai bisa melihat cahaya-cahaya. Jadi malam gelap, siang terang. Waktunya tidur ya gelap atau remang-renang lampu tidur. Alhamdulillahnya semenjak begitu Ghaisan bisa ngebedain siang malam. Malam dia tidur nyenyak max jam 10 malam, bangun max jam 9 pagi. Direntang itu gak bangun? Gak mimik? Ya bangun. Pipis dan mimik cuma abis itu tidur lagi tanpa drama tangisan dan gendong. Kenapa bangun pipis? Karena gue gak membiasakan anak gue pake Diapers kalo dirumah, pake diapers itu kalo terpaksa banget banget misal kehabisa celana atau tidurnya kurang jadi kudu pake diapers biar gak kebangun-bangun. Karena jam tidur udah bener, alhasil jam tidur mamanya pun bener juga xoxo.

Sekarang udah 3 bulan udah bisa ketawa-tawa, ngoceh, teriak sana sini kalo kesel, nangisnya pake teriak kalo laper aus ngantuk. Udah bisa diajak main. Itulah pelipur lara mamanya. Kemarin-kemarin siang hari sempat gak mau tidur dikasur maunya di tangan atau telungkup di dada. Tapi gue ajarin pelan-pelan kalo tidur itu di kasur tempatnya. Sekarang pelan-pelan udah mau walau harus sambil dinenenin dan kadang digendong bentar. Terus kalo emang udah ngantuk siang hari, redupin aja lampunya. Anak bayi tidur lebih lelap kalo gak terang benderang. Ya alhamdulillah it works for me. 

Bayi itu pintar. Nurut apalagi sama Ibunya. Ajarin dia pelan-pelan, trus harus saaabaaarr banget jadi Ibu itu. Gue pun masih berusaha buat lebih sabar, kadang kalo lagi ngantuk berat dan Ghaisan gak mau tidur suka ngomelin dia dikit walaupun gak pake suara keras ya. Abis itu dia tidur langsung minta maaf cium-cium nyesel deh hee. Dan gue sih gak percaya yan namanya Baby Blues, yang ada si Ibu belum siap buat ngurus anak masih mau bebas tanpa terikat sama anak :)


Punya anak itu gampang, kesiapannya yang butuh proses. Tapi Allah tau kapasitas seseorang. DIA akan memberikan kalo kita udah siap. Kalo udah diberi ya berarti DIA percaya kita bisa. 


Inget, anak itu pintar kok. Dia juga tiap hari belajar memahami Ibu Bapaknya :))
Apalagi Ibu yang menyusui, sering skin to skin, bonding antara dia dan si anak pasti akan kuat. Ayah yang bekerja pun asal sering bercengkrama, gendong anaknya, gantiin celana kalo pipis, bondingnya gak akan putus. Mereka pintar :))

So,
Being a mom........is so amazing for me.

Salam Ibusui XD