Sabtu, 23 Januari 2016

Fase Growth Spurt Ghaisan

Dari hari senin malam, Ghaisan rewelnya aneh. Maunya mimik terus tapi kayak gak dapet puting gue. Padahal sebelumnya mimik kayak biasa, tiba-tiba dilepas trus ngamuk nyari-nyari puting. Serumah pada bingung apa ada yang sakit di badannya Ghaisan? Secara bayi belum bisa ngomong jadi kalopun ada yang sakit cuma bisa nangis. Gue coba lah gendong, tetep aja nyari puting tapi gotu dikasih ya itu kayak gak nemu-nemu. Rasanya mau nangis juga liat anak nangis kejer kayak gitu sama bingung ini harus diapain? Sampe akhirnya bokap turun tangan coba gendong Ghaisan tetep ngamuk juga. Jadi Ghaisan ngantuk banget tapi entah kenapa lebih memilih ngamuk daripada merem. Gue sampe berinisiatif mimikin dia sambil tiduran. Awalnya berhasil, dia tertidur pulas tapi gitu bangun untuk yang kedua dan ketiga kalinya cara tersebut udah gak ampuh. So, gue coba mimikin sambil berdiri. Sempet ampuh, tapi gitu diletak di kasur dia nangis lagi. Bokap akhirnya coba nenangin, gendong dia dan berhasil. Tapi ya gitu gak bisa langsung di letak. 

Gue langsung cari tau sana-sini kenapa bayi bisa segitu rewelnya. Karena orangtua-orangtua di rumah gue bilang Ghaisan rewel karena ASI gue gak ada di payudara. Sedih dong gue jadi anak gue ngisep puting doang dong selama ini?

Gue cari ay sana sini, tanya ke ahli laktasi emang bener ASI bisa kosong. Dan jawabannya hanya mitos! Produksi ASI menganut sistem Supply and Demand dimana semakin dikeluarin, ASI semakin berproduksi. Oke permasalahan pertana kelar. Lantas, gue masih cari tahu kenapa anak gue rewel gak kyak biasanya. Dan ditemukanlah suatu artikel yang mana menjelaskan ciri-ciri bayi lagi di fase Growth Spurt. Fase Growth Spurt merupakan fase dimana pertumbuhan bayi lebih cepat dari biasanya. Tubuh bayi dipaksa untuk tumbuh sehingga tingkat lapar dan haus meningkat dan mungkin lelah juga sehingga rewel. Setelah gue samakan, ya sebagian besar Ghaisan lagi ngalamin itu. Rewel di malam hari dengan tanda minta mimik mulu padahal udah kenyang. Di siang hari intensitas mimik meningkat. Iya, walaupun kalo udah pagi sampe sekitar jam 10 malam Ghaisan gantengnya eh antengnya luar biasa. Emang tidurnya kebangun tiap setengah jam sampai satu jam sekali tapi abis di mimik dia langsung tertidur pulas tanpa perlu di gendong. Apa karena seharian tidur lalu malamnya dia gak ngantuk? Ternyata justru kebalikannya, kalo bayi terlalu capek di siang hari kemungkinan malam harinya rewel berat. Dan lucunya rewelnya itu berkisar antara jam 11 s/d 3 subuh. Wajar dong kalo gue mikir anak gue "diganggu"? :p

Well, sampai tulisan ini dibuat Ghaisan belum melewati fase ini. Rasanya kayak orang depresi awalnya tapi setelah tahu dia lagi mau tumbuh lebih cepat rasa depresi gue hilang tapi tetep yang namanya lelah pasti ada. Kalo udah capek banget dan bingung harus diapain lagi gue suka nangis sendiri. Karena mau ganggu tidur suami suka gak tega karena harus kerja. Tapi ya walaupun ujung-ujung serumah tetep aja bangun kalo udah sejam lebih nangis gak berenti-berenti.


Cepat tumbuh dan berkembang sewajarnya ya Nak. Jangan berlebihan dan jangan kekurangan. InsyaAllah mama akan lebih sabar melewati fase ini.

Love You Ghaisan Arasy Notowibowo 💜

Tidak ada komentar:

Posting Komentar